BUDIDAYA IKAN HIAS CUPANG

Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan hias yang mudah dipelihara. Si kecil mungil yg memiliki warna warni cantik ini banyak diminati oleh pecinta ikan hias, baik lokal maupun manca negara. Karena bayaknya permintaan dari para kolektor ikan hias, kini ikan cupang banyak di budidayakan. Ternyata budidaya ikan cupang tidak memerlukan tempat luas dan modal yang besar. Hal ini bisa dilakukan sebagai usaha rumahan.

Ikan cupang (Betta sp.) adalah jenis ikan hias air tawar dari daerah tropis. Banyak ditemukan di beberapa perairan Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Di alam bebas ikan ini habitatnya ada di rawa-rawa, danau, dan sungai yang berair jernih dan arusnya tenang. Selain karena warnanya yg unik, salah satu keistimewahan ikan cupang adalah daya tahannya. Sanggup hidup dalam lingkungan air minim oksigen. Bisa dipelihara dalam toples kecil tanpa menggunakan aerator. Kemampuan ini didapat karena ikan cupang memiliki rongga labirin seperti pada paru-paru manusia. Labirin tersebut bisa membuatnya bertahan pada lingkungan miskin oksigen. Karena sifatnya yang agresif, sisi lain dari keindahannya adalah ikan cupang jantan ini bisa di adu dengan jenis ikan yang sama.

Harga ikan cupang ini berpariatif, tergantung dari jenis, dan warnanya. Semakin indah warnanya dan semakin bagus daya tahan serta agresifitasnya maka harganya semakin tinggi. Karena cara pembudidayaannya yang relatif mudah dan murah dilakukan di lahan sempit maka LPK SEA memberikan pelatihan pembudidayaan dan bimbingan kewirausahaan budidaya ikan hias cupang…

Daftar Sekarang……